Syarat Thibun Nabawi ( Kedokteran Islam ) – KHT 1 Bagian 1. 3

85 / 100

Materi Kuliah Syarat Thibun Nabawi( kedokteran Islam ) ini khusus untuk Internal Agen HNI HPAI dan tidak untuk dipergunakan secara umum. Mohon untuk tidak membagikannya melalui media apapun termasuk sosial media dan website kecuali untuk Agen di Jaringan Anda!

Kuliah Herba Thibun Nabawi ( KHT 1 )

Bagian 3

Syarat Thibbun Nabawi Dalam Kedokteran Islam

Materi Sebelumnya : KHT 1 Bagian 2 – Health Management dan Konsep Kekuatan Fitrah

Syarat Thibun Nabawi
Salah satu kegiatan Training KHT di HNI HPAI Sebagai Peningkatan Life Skill Agen HNI HPAI

 

Apa yang Menjadi Syarat Thibun Nabawi dalam Kedokteran Islam yagn dipelajari di HNI HPAI?

Konsep Kedokteran Islam merupakan konsep pengobatan yang menekankan pada tiga sumber utama yaitu Ilahiah, Alamiah dan llmiah.

Pengobatan ini dilandasi oleh sebuah keyakinan yang kuat bahwa hakekat penyembuhan yang sebenarnya berasal dari Allah swt yang bersifat As-Syafi’ (Maha Pemberi Kesembuhan) serta ketepatan (kemujaraban) penawar (obat) menjadi pegangan.

Sebagaimana firman Allah SWT:

“Hai manusia , sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran (Al-Quran) dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit- penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Yunus [10] ayat 57).

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia An-Nahl [16] ayat 69).

Gunakanlah dua penyembuh: madu dan al-Quran (HR. lbnu Majah dan Al-Hakim).

Ahli herba melihat madu itu sebagai sumber alamiah sedangkan Al-Quran sebagai sumber ilahiah.

Ilahiah bermakna bahwa segala penyakit yang berlaku adalah dari Allah dan Allah pula yang sebenarnya menyembuhkan penyakit tersebut. Sementara manusia berikhtiar bersungguh-sungguh menggunakan ilmu yang diberikan Allah kepadanya.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Berobatlah kamu, karena sesungguhnya Allah SWT menurunkan penyakit, Dia (Allah SWT) juga yang menurunkan obatnya.“(HR.Ahmad)

Perawataan akan lebih berkhasiat apabila perawat sendiri mempunyai hubungan yang kuat dengan Allah SWT. Doa adalah inti Kedokteran Islam. Tawakal merupakan pelengkap, sementara kemujaraban dan ilmu menjadi dasar tindakan :

DOA – ILMU – TAWAKAL

Syarat Thibun Nabawi Dalam kedokteran Islam
Salah Satu Buku Panduan Kuliah Herbal Thibun nabawi yang membahas Syarat Thibun Nabawi Dalam kedokteran Islam

Dengan demikian sumber Ilahiah memberikan keyakinan bahwa hakekat penyembuhan itu dari Allah SWT yang bersifat As Syafi’ (Maha Penyembuh). Pasien juga didekatkan dengan Allah melalui nasihat dan tuntunan beribadah dengan benar serta menjauhi sifat-sifat mazmumah (tercela).

Alamiah ialah menggunakan semua sumber alam yang ada di atas muka bumi ini, seperti tumbuh-tumbuhan, batu-batuan dan hewan. Pengkajian yang luas kepada bagian-baglan tumbuhan seperti akar, batang, daun, kulit, buah, bunga dan bagian tumbuhan yang lain.

Sumber alamiah menggunakan herba-herba yang terpilih menggunakan disiplin herba yang teratur. Sejarah mencatat herba telah digunakan sebagai sumber pengobatan sejak berabad-abad tahun yang lalu dan diperkirakan lebih dari 20.000 spesies herba telah digunakan di seluruh dunia.

Ilmiah, salah satu syarat yang utama dalam praktek pefngobatan Thibbun Nabawi/kedokteran Islam adalah pengobatannya masuk akal. Dapat dijelaskan melalui pengetahuan kekinian.

Bukan praktek pengobatan yang mengada-ada.

Demikian Materi Syarat Thibun nabawi dalam Praktek Kedokteran Islam HNI HPAI yang bisa anda pelajari sebagai Ahen HNI HPAI di Seluruh Daerah.

Materi Selanjutnya Bisa dibaca di Materi 1 bagian 4 : Prinsip – Prinsip Pengobatan Dalam kedokteran Islam

Tips SEO

Sebagian Besar pegunjung menemukan halaman ini karena menggunakan salah satu dari query kata kunci berikut ahli ilmu kedokteran islam, ahli kedokteran islam, bidang kedokteran islam, buku kedokteran islam, cendikiawan islam di bidang kedokteran, etika kedokteran dalam islam, hubungan islam dengan kedokteran, hukum ilmu kedokteran dalam islam, hukum mempelajari ilmu kedokteran dalam islam, ilmu kedokteran agama islam, ilmu kedokteran dalam islam, syarat Thibun nabawi

Ilmu kedokteran islam, ilmu kedokteran menurut islam, ilmuwan islam bidang kedokteran, kajian kedokteran islam, kedokteran dalam islam, kedokteran islam, kedokteran islam hpai, kedokteran islam thibbun nabawi, kedokteran islam vs kedokteran barat, kedokteran menurut islam, kesehatan kedokteran islam, kitab kedokteran islam, konsep kedokteran islam, kuliah kedokteran islam, makalah ilmu kedokteran dalam islam, makalah kedokteran islam, pakar kedokteran islam, penemu kedokteran islam, pengertian ilmu kedokteran islam, perkembangan kedokteran dalam islam, pertanyaan tentang kedokteran islam, prinsip kedokteran islam, sejarah ilmu kedokteran dalam islam