Asam Urat, Jenis, Diagnosis, Penyebab dan Resep HNI Untuk Asam Urat

83 / 100

Mengenal penyakit Asam Urat Lebih Dalam Dan Menyeluruh Serta Cara Pengobatannya Dengan Obat Herbal Alami HNI HPAI

Artikel Penyakit Asam Urat ini adalah artikel yang akan membahas mengenai Penyakit Asam Urat secara lengkap dan menyeluruh.

Cara mengobati penyakit asam urat secara alami
ASam urat sesungguhnya bukanlah penyakit. Asam urat menjadi saat kadarnya suah melebihi batas normal yang dibutuhkan oleh tubuh. Penyakit asam urat adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas pada persendian Penderita.

Pembahasannya dimulai dari Istilah Kedokteran, Pengertian dan Defenisi, Manfaat, Penyebab Penyakit, Tanda-tanda dan Gejala Awal, Ciri-ciri Asam Urat, Diagnosa Dokter, Pengelompokan dan pembagian berdasarkan tingkat keparahan penyakit, Komplikasi asam urat dengan penyakit lain.

Terakhir, Pengobatan Secara Kedokteran modern maupun Dengan Ramuan Herbal, Cara Pencegahan, pantangan dan Anjuran untuk penderita Asam Urat Serta Rekomendasi Pengobatan Dan Testimoni Kesembuhan.

Dengan memahami dan mengenal Penyakit asam urat ini secara komprehensif maka diharapkan bahwa setiap orang mampu mengenali gejala dini penyakit asam urat, perbedaannya dengan penyakit sejenis serta cara penanganan dan pengobatan secara cepat dan efektif.

Mengenal Asam Urat

1. Istilah, Pengertian Dan Defenisi; Apa itu Asam Urat.

Apa itu asam Urat atau penyakit asam urat?
Asam urat memiliki bahasa istilah yang bermacam-macam. Dalam bahasa Inggris asam urat dikenal dengan uric acid atau urate. Dalam bahasa china dikenal dengan niaosuan. Sedangkan dalam bahasa afrika dikenal dengan sebutan uriensuur. Dalam bahasa arab asam urat dikenal dengan nama hamad alyurik.

penyakit asam urat
penyakit asam urat bisa menyerang siapa saja tanpa memandang usia. Asam urat lebih banyak disebabkan oleh pola makan dan paling sering menyerang persendian dengan ciri dan gejala rasa nyeri yang datang secara tiba-tiba.

Pada dasarnya asam urat bukanlah sebuah penyakit. Asam urat adalah senyawa organik turunan purina dengan rumus kimia C5H4N4O3 dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL (~214µmol/L) dan 8,3 mg/dL (~494µmol/L) (1 mg/dL = 59,48 µmol/L). Kadar asam urat normal dalam tubuh adalah 2,4-6 mg/dL untuk perempuan dan 3,4-7 mg/dL untuk laki-laki.

Asam urat, sebagaimana senyawa organik lainnya di dalam tubuh juga memiliki fungsi dan manfaat. Fungsi Asam urat antara lain:

1. Sebagai anti oksidan.
Asam urat merupakan antioksidan natural yang dimiliki tubuh dan tersebar di seluruh tubuh dan konsentrasinya lebih tinggi sepuluh kali lipat dibandingkan antioksidan endogen lainnya.

Asam urat sebagai antioksidan bekerja dengan cara mengumpulkan radikal hydroxil, hidrogen peroksida, dan peroxynitrit, supresi reaksi fenton, mencegah peroksidase lipid dan mengikat logam. Asam urat juga memblok reaksi anion superoksida dengan NO yang bisa mencederai sel dan juga asam urat mencegah degradasi extracellular superoxide dismutase, enzim yang penting untuk mempertahankan fungsi vaskular dan endotel.

2. Pelindung Syaraf atau Neuroprotektif
Acute ischemic stroke (AIS) merupakan salah satu jenis stroke. Acute ischemic stroke merupakan kondisi dimana aliran darah ke otak terhalang sehingga menyebabkan kekurangan oksigen dan glukosa.

Kadar asam urat bisa digunakan sebagai prediksi prognosis orang yang terkena AIS. Orang dengan kadar asam urat tinggi setelah terjadi AIS memiliki prognosis yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang kadar asam uratnya normal atau malah rendah.

Diperkirakan hal ini disebabkan oleh asam urat yang bertindak sebagai antioksidan. Penelitian ini merupakan salah satu penelitian yang mempercayai bahwa asam urat merupakan neuroprotektif.

3. Mobilisasi Progenitor Sel Endotel
Selain berfungsi sebagai antioksidan asam urat juga memiliki fungsi yaitu mempercepat perekrutan progenitor sel endotel dalam merespon iskemik jaringan. Progenitor sel endotel berfungsi untuk regenerasi sel endotel.

Namun hal ini masih merupakan penelitian yang dilakukan pada tikus, belum ditemukan bukti pada manusia.

4. Berperan dalam Sistem Imun Adaptif
Sistem imun adaptif merupakan sistem imun yang terspesialisasi. Asam urat meningkatkan respon sel limfosit. Limfosit memiliki peran penting dalam pertahanan melawan tumor dengan menginduksi sel sitotoksik yang akan membunuh sel tumor dan menghambat pertumbuhan sel tumor.

Namun hal ini masih menjadi perdebatan, karena orang yang terkena kanker bisa terkena tumor lysis sindrome, yaitu kelainan yang terjadi ketika jumlah sel tumor mati akan mengeluarkan isinya, salah satu efeknya ialah hiperurisemia. Hal ini bisa menyebabkan gagal ginjal akut karena tumpukan kristal asam urat di ginjal.

5. Sebagai Warning Sign

Organisme harus mengetahui apakah sel hidup atau mati dan harus bisa mendeteksi ketika mikroorganisme menyerang agar bisa mentrigger mekanisme pertahanan dan perbaikan. Ketika sel mati dikarenakan oleh suatu mikroorganisme, terdapat reseptor PAMP (pathoghen-associated molecular pattern) yang dikeluarkan oleh molekul mikroba yang akan dikenali oleh TLR (toll-like receptor) yang akan mengaktifkan respon imun.

Respon imun ini biasanya adalah bawaan dan adaptif yang penting untuk membunuh mikroba sehingga tubuh bisa memperbaiki sel yang mati.

Untuk cedera sel yang tidak dikarenakan oleh mikroorganime, proses pertahanan dan perbaikan sel akan dimulai oleh alarmin. Alarmin merupakan DAMP (damage associated molecular pattern). Alarmin ialah grup molekul intraseluler yang secara cepat dilepaskan karena adanya kematian sel yang tidak diprogram (nekrosis) tapi bukan karena kematian sel yang diprogram (apoptosis). Alarmin akan mengaktifkan sel yang mengekspresikan reseptor spesifik dan akan merekrut sistem imun bawaan yang berujung adanya peradangan atau inflamasi.

Peradangan atau inflamasi ini penting untuk rekonstruksi sel dan jaringan yang cedera. Asam urat merupakan salah satu contoh alarmin dimana akan terjadi Peningkatan kadar asam urat setelah kerusakan jaringan dan akan kembali ke kadar awal setelah 1 jam.

Dari penjelasan singkat di atas bisa kita ambil kesimpulan bahwa sebenarnya asam urat itu bukanlah sebuah penyakit. Asam urat adalah salah satu senyawa organik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk sebagai anti oksidan dan salah satu cara tubuh melawan mikroba dan parasit yang merugikan.

Kapan Asam Urat Dianggap Sebagai Suatu Penyakit?

cara mengobati asam urat
Munculnya rasa sakit dan bengkak pada sendi bisa jadi merupakan warning sign terhadap keberadaan zat purin penyebab asam urat yang mulai berlebih. Cara mengobati asam urat secara alami bisa dengan obat hebal HNI HPAI

Asam urat dianggap sebagai “Penyakit” saat jumlahnya di dalam tubuh melebihi atau kurang dari takaran idealnya, 2,4-6 mg/dL untuk perempuan dan 3,4-7 mg/dL untuk laki-laki.

Penyakit asam urat adalah kondisi yang dapat menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas pada persendian Penderita. Meski semua sendi di tubuh manusia bisa terkena asam urat, namun yang paling sering terserang adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki dan tangan, dan jari kaki.

Laki-laki lebih rawan terkena penyakit asam urat dibandingkan dengan perempuan, terutama saat usia mereka di atas 30 tahun. Pada perempuan, penyakit asam urat ini biasanya berisiko timbul setelah menopause. Hal ini terjadi karena kemampuan organ untuk mengolah zat-zat di dalam tubuh sudah mulai menurun.

Penyebab Asam Urat.

Penyakit asam urat disebabkan oleh minimal 3 faktor.

1. Konsumsi Makanan Yang mengandung Zat Purin Secara Berlebihan.
Kelebihan Asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Zat Purin diolah tubuh menjadi asam urat. Namun jika produksi asam urat ini tinggi dan kadarnya berlebih maka akan terjadi penumpukan kristal asam urat tersebut di persendian. Penumpukan asam urat ini terjadi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan kristal asam urat tersebut melalui keringat, urine dan tinja.

Tusukan kristal-kristal tajam di sekitar sendi yang terbentuk akibat penumpukan zat asam urat inilah yang menyebabkan nyeri dan pembengkakan.

Peningkatan zat purin dan asam urat disebabkan oleh konsumsi makanan yang banyak mengandung purin seperti jeroan, hidangan laut, daging merah. Seseorang yang gemar mengonsumsi minuman beralkohol akan berisiko tinggi terkena penyakit asam urat. Selain itu, penyakit ini juga rawan dialami oleh orang-orang yang menderita obesitas, diabetes, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik.

Apa Zat Purin itu?

Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Purin adalah salah satu penyusun asam nukleat yang terdapat pada semua sel makhluk hidup. Purin ibarat batu bata yang menyusun “tembok” asam nukleat. Asam nukleat ini berupa DNA atau asam ribosa nukleat.

Purin terbanyak terdapat di protein. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita.

Nah, karena terdapat di seluruh sel makhluk hidup, hampir seluruh bahan makanan bisa menyebabkan asam urat. Purin juga terdapat pada Berbagai sayuran dan buah-buahan. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.

2. Penyebab asam urat yang kedua adalah konsumsi obat-obatan Kimia.
Seseorang yang sedang dalam masa pengobatan, biasanya mengonsumsi obat-obatan kimia setiap hari untuk membantu proses penyembuhan. Akan tetapi, obat-obatan medis tertentu memiliki efek samping yang justru dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Oleh karena itu, jika Anda diharuskan mengkonsumsi obat kimia tertentu secara rutin dalam jangka waktu yang lama sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu ke dokter terkait efek samping penggunaan obat tersebut. Apalagi jika Anda sudah pernah mengalami asam urat sebelumnya.

3. Penyebab Penyakit asam urat yang ketiga adalah karena faktor genetika.
Menurut penelitian, seseorang yang memiliki keluarga penderita penyakit asam urat juga dapat terkena kondisi sama. Dengan kata lain, penyakit ini juga bersifat genetik.

Gejala, Ciri dan Tanda-tanda Penyakit Asam Urat

Gejala atau ciri penyakit asam urat yang paling umum dan paling mudah untuk diamati adalah Rasa sakit yang amat sangat pada persendian ( terutama ) penderita yang terjadi secara tiba-tiba, terutama jempol kaki. Rasa sakit ini sangat mengganggu dan seringkali pend erita asam urat merasa kesulitan untuk berjalan.

Gejala ini bisa muncul dan terjadi kapan saja namun kasus asam urat lebih sering terjadi pada malam hari.
Selain terjadi pada sendi jempol kaki, seluruh anggota persendian juga rentan mengalami asam urat seperti sendi pergelangan tangan, pergelangan kaki, jari-jari tangan, siku, telapak kaki tengah dan lutut.

Penyakit asam urat juga ditandai dengan adanya pembengkakan dan warna kulit yang menjadi merah di sekitar sendi yang mengalami peradangan.

Diagnosa Penyakit Asam Urat

Untuk memperoleh diagnosis penyakit asam urat, dokter akan terlebih dahulu menanyakan riwayat penyakit pasien, dan seberapa sering gejala muncul, serta melihat lokasi sendi yang sakit. Setelah itu, pemeriksaan lanjutan akan dilakukan untuk memastikan adanya kristal pemicu nyeri pada persendian, seperti:

  • Tes darah. Tes darah dilakukan untuk mengukur kadar asam urat dan kreatinin dalam darah. Seseorang dengan kadar asam urat dalam darah hingga 7 mg/dL, dinilai sudah menderita penyakit asam urat. Namun demikian, tes ini tidak selalu dapat memastikan penyakit asam urat. Beberapa orang diketahui memiliki kadar asam urat tinggi, namun tidak menderita penyakit asam urat. Sebaliknya, ada orang yang memiliki gejala dan tanda penyakit asam urat meski kadar asam urat dalam darah normal.
  • Tes urine 24 jam. Prosedur ini dilakukan dengan memeriksa kadar asam urat dalam urine yang dikeluarkan pasien selama 24 jam.
  • Tes cairan sendi. Prosedur ini mengambil cairan sinovial pada sendi yang sakit, untuk diperiksa di bawah mikroskop.
  • Pencitraan. Pemeriksaan foto Rontgen dapat dilakukan untuk mengetahui penyebab radang pada sendi. Sedangkan USG dapat mendeteksi kristal asam urat pada sendi dan tofi (benjolan).
    Dual energy CT scan. Pemeriksaan ini dapat mendeteksi kristal asam urat di sendi meski tidak terjadi peradangan.
  • Biopsi sinovial. Prosedur ini mengambil sebagian kecil jaringan (membran sinovial) di sekitar sendi yang terasa sakit, untuk diperiksa di bawah mikroskop.(alodokter.com)

Pengelompokan dan Pembagian Berdasarkan Tingkat/ Tahap Keparahan Penyakit

Berikut ialah beberapa penyakit asam urat akut:

1. Gout Arthritis Stadium Akut

Gout arthritis stadium akut merupakan serangan yang terjadi, umumnya nyeri, bengkak dan kemerahan pada sendi yang sebelumnya terjadi penumpukan kristal monosodium urat akibat hiperurisemia asimtomatik yang bisa memakan waktu sampai 20 tahun. Nyeri yang terjadi pada sendi biasanya mendadak, tidak pernah terjadi sebelumnya.

Umumnya sendi kecil, karena luas daerah tumpukan kristal asam urat dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan sendi besar namun bisa terjadi pada sendi besar.

2. Acute Uric Acid Nephropathy

Berbeda dengan gout arthritis, acute uric acid nephropathy merupakan keadaan gagal ginjal akut disebabkan oleh kristal asam urat namun umumnya terjadi pada pasien dengan kemoterapi dari leukimia atau limfoma. Gagal ginjal yang disebabkan oleh kristal asam urat yang terdapat di tubulus-tubulus ginjal.

Kristal-kristal ini akan merusak kapiler-kapiler di ginjal, kerusakan kapiler ini membuat ginjal tidak mampu menjalankan fungsinya sehingga disebut gagal ginjal akut. Kondisi ini umumnya terjadi 1 atau 2 hari setelah kemoterapi diikuti dengan mual, muntah, lemas, kejang-kejang dan terjadi penurunan produksi urin.

3. Uric Acid Nephrolithiasis/ Batu Ginjal Asam Urat

Batu ginjal merupakan contoh lain penyakit akut asam urat. Batu ginjal karena asam urat bisa digolongkan penyakit asam urat akut sama prinsipnya dengan gout, terjadi penumpukan asam urat di salah satu saluran ginjal.

Penumpukan ini biasanya diikuti oleh hiperurisemia asimtomatik lalu ketika serangan nyeri pada regio sayap menjalar ke arah depan atau belakang saat batu mencoba keluar merupakan serangan akut.

Komplikasi asam urat dengan penyakit lain.

Penderita penyakit asam urat harus mewaspadai komplikasi yang mungkin timbul dari penyakit ini, di antaranya:

  • Munculnya benjolan keras (tofi). Tofi terbentuk akibat penumpukan kristal asam urat di bawah kulit, dan dapat muncul di beberapa area tubuh, seperti jari, tangan, siku, kaki, dan di sekitar mata kaki. Meski tidak menimbulkan rasa sakit, tofi bisa membengkak dan mengeras saat serangan asam urat terjadi.
  • Asam urat kambuh. Pada sejumlah kasus, serangan asam urat bisa terjadi beberapa kali dalam setahun. Bila dibiarkan tidak tertangani, kondisi tersebut dapat menyebabkan pengeroposan dan kerusakan pada sendi.
  • Penyakit batu ginjal. Kristal asam urat bisa menumpuk di saluran kemih, dan menyebabkan batu ginjal.

Penanganan Asam Urat Akut

Ketiga penyakit asam urat akut tersebut memiliki penanganan dan pendekatan yang berbeda.

1. Gout Arthritis Stadium Akut

Ketika serangan akut terjadi, tujuan utama penanganan ialah untuk mengurangi nyeri karena serangan, terdapat beberapa cara dalam mengurangi nyeri yaitu:

  • Mengistirahatkan sendi yang terkena serangan
  • Sendi yang terkena serangan dikompres menggunakan air dingin
  • Mengkonsumsi obat anti nyeri seperti OAINS (Obat Anti Inflamasi Non Steroid), kortikosteroid, atau kolkisin

Setelah serangan akut berlalu, penting untuk mencegah agar gout tidak masuk ke stadium kronis. Gout dikatakan masuk ke stadium kronis apabila serangan selanjutnya kurang dari 1 tahun sejak serangan terakhir, oleh karena itu mengurangi kadar asam urat ialah tujuan setelah serangan akut selesai.

Beberapa cara untuk mengurangi kadar asam urat ialah dengan mengkonsumsi obat-obatan seperti allupurinol, namun lebih disarankan menggunakan Terapi pengobatan Herbal karena efek samping dari obat-obatan kimia dalam jangka waktu yang panjang..

2. Acute Uric Acid Nephropathy

Berbeda dengan gout yang terjadi tanpa peringatan, acute uric acid nephropathy bisa dihindari dengan obat-obatan penurun asam urat seperti allopurinol dan probenecid sebelum terapi kemoterapi dimulai.

Sama seperti Gout Arthritis Stadium Akut, konsumsi obat-obatan ini memiliki efek samping dalam jangka waktu yang lama.

3. Batu Ginjal Karena Asam Urat

Tujuan penanganan batu ginjal karena asam urat ialah mencegah terjadinya komplikasi, dalam hal ini bisa gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.

Karena asam urat bukan sesuatu yang mudah larut, mengonsumsi cairan terlalu banyak tidak akan membantu bahkan bisa membahayakan apabila kerusakan ginjal sudah fatal, oleh karena itu mengurangi kadar asam urat ialah cara terbaik.

Terdapat obat-obatan seperti allopurinol, probenecid dan cara herbal yang bisa digunakan untuk mengurangi kadar asam urat.

Pengobatan Obat Asam Urat Secara Kedokteran modern maupun Dengan Ramuan Obat Herbal Alami

Pengobatan Asama Urat Secara Medik Kedokteran dan Obat Kimia

Penanganan penyakit asam urat adalah dengan pemberian obat-obatan, untuk meringankan gejalanya dan mencegah penyakit kambuh kembali. Jenis obat yang biasanya diresepkan dokter untuk menangani penyakit asam urat adalah colchicine dan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS). Pada pasien yang tidak bisa mengonsumsi kedua obat tersebut, dokter akan meresepkan kortikosteoid.

Pada pasien yang mengalami beberapa kali serangan asam urat dalam setahun, atau mengalami nyeri hebat akibat penyakit ini, dokter akan meresepkan obat lain untuk mencegah komplikasi. Jenis obat yang digunakan pada kasus di atas adalah allopurinol. Obat ini bekerja dengan menghambat produksi asam urat di tubuh.

Jenis obat lain yang juga dapat diberikan adalah obat untuk meningkatkan pembuangan asam urat berlebih dari tubuh seperti probenecid.

Pengobatan Asam Orat Dengan Herbal Alami HNI HPAI

Cara paling aman dan alami untuk mengobati asam urat adalah dengan menggunakan terapi pengobatan herbal. Dengan pengobatan herbal ini, kekhawatiran akan efek samping bisa diminimalisasi atau bahkan dihilangkan karena secara umum obat-obatan herbal bersifat alami dan tanpa efek samping.

Obat HERBAL UTAMA ASAM URAT HNI HPAI :
– Laurik 2x2kapsul (bila gejala sudah sembuh bisa dihentikan)

Atau Terapi Pengobatan Herbal Secara lengkap Untuk Asam Urat ditambah dengan HERBA SINERGI HPAI yang lain, yaitu:
– Andrographis Centella : 2×2
Dikonsumsi Selama 7 hari. Istirahat 7 hari dan bila diperlukan bisa dilanjutkan lagi. Mengapa dihentikan sementara? Sebab didalam ANDROGRAPHIS ada Herba PAHIT
– Pegagan HS : 2×2
– Kopi Sehat : 1 sachet : Direbus ditambah Mengkudu 1 kapsul dan Laurik 2 kapsul.
– StimFibre : 1 sachet sehari untuk COLON CLEANSING
– Procumin : 2×2 untuk BLOOD CLEANSING.
– Minyak Zaitun : 1 sdm sehari.

Cara Pencegahan Asam Urat

11 Cara Mencegah Asam Urat Secara Alami

Kadar optimal asam urat agar diesbut normal dalam tubuh yaitu tidak lebih dari 7 mg/dL. Untuk menghindari terserang asam urat, Anda harus bisa menjaga kadar asam urat dalam tubuh Anda tidak melebihi batas tersebut. LAkukan upaya-upaya pencegahan supaya asam urat tetap dalam kadar yang normal. berikut ini 11 cara mencegah asam urat secara lengkap.

1. Menghindari Makanan yang Mengandung Purin Tinggi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa asam urat disebabkan karena asupan zat purin yang tinggi dalam tubuh. Secara ilmiah tentang apa itu zat purin, zat purin merupakan senyawa kimia yang penting bagi tubuh manusia yang memiliki struktur cincin ganda dan terdiri dari 6 sisi.

Secara awam, zat purin merupakan senyawa kimia sebagai bagian dari pembentuk energi. Strukturnya hampir mirip dengan pirimidin pada basa DNA yang membentuk darah dan gen dalam tubuh manusia. Sehingga zat purin sendiri sebenarnya sangat dibutuhkan oleh manusia.

Namun akan menjadi masalah jika kadar zat purin tersebut berlebihan yang akibatnya tidak dapat dicerna oleh tubuh dan dialirkan oleh darah menjadi zat asam urat berbahaya.

2. Mengurangi Asupan Minuman Berakohol

Untuk mencegah meningkatnya asam urat dalam tubuh, cara yang lain adalah dengan mengurangi asupan alkohol. Alkohol terbukti menjadi salah satu pemicu meningkatnya asam urat. Bagi Anda yang suka mengkonsumsi alkohol, bahkan setiap hari, mulailah untuk mengurangi konsumsi alkohol Anda. Hal ini karena alkohol merupakan jenis minuman yang berpurin tinggi.

Meskipun Anda tidak pernah menderita asam urat, namun jika Anda seorang peminum, Anda bisa berpotensi terserang asam urat juga karena zat purin dalam tubuh Anda tidak dapat diserap dengan baik. Alkohol juga dipercaya menjadi pemicu kerusakan organ tubuh, seperti ginjal dan lambung. Padahal ginjal memiliki peran tinggi untuk membuang asam urat yang tidak berguna bagi tubuh.

Pada bir dengan kandungan alkohol 40% mengandung kadar zat purin yang sangat tinggi yang dihasilkan dari proses fermentasi saat pembuatannya. Alkohol bahkan dapat merangsang produksi asam urat pada organ hati.

Mengkonsumsi alkohol juga dapat merangsang produksi keton sebagai bahan kimia yang menimbulkan bau asam pada napas sehingga beresiko kerusakan pada ginjal.

3. Memperbanyak Minum Air Putih

Air putih dipercaya mampu mencegah berbagai jenis penyakit. Memperbanyak minum air putih setiap hari dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk terhindar dari penyakit.

Hampir sebagian tubuh kita terdiri dari air, sekitar 50-70%, termasuk jaringan tubuh, jaringan kulit, sel-sel dan organ-organ. Sehingga mengkonsumsi air putih yang banyak setiap hari membantu untuk menjaga kinerja organ kita, termasuk menghindari dari serangan asam urat tinggi.

Untuk mencegaf asma urat, kita dapat mengkonsumsi air putih hingga 12 gelas setiap hari. Air putih mineral atau minuman yang diionisasi lebih baik untuk dikonsumsi daripada air minum bersoda karena banyak mengandung garam.

Bagi penderita asam urat, air putih merupakan solusi untuk membantu melarutkan asam urat yang menumpuk dalam tubuh. Masukan air putih yang banyak dalam tubuh juga dapat membantu meningkatkan kerja ginjal dalam mengeluarkan asam urat dalam tubuh melalui urin.

4. Rutin Mengkonsumsi Susu

Asam urat merupakan penyakit yang menyerang bagian sendi dan tulang rawan pada sendi. Asam urat yang sudah terlalu parah dapat menyebabkan peradangan yang berakibat pada rusaknya jaringan tulang rawan pada sendi. Minum susu secara rutin setiap hari dapat menjadi salah satu cara mencegah penyakit asam urat.

Susu murni mengandung kalsium yang sangat tinggi dan baik untuk perbaikan tulang, terutama tulang rawan. Susu dapat meningkatkan kekuatan tulang, sehingga tulang Anda tidak akan mudah terserang penyakit dan menghindari terjadinya osteoporosis. Susu menjadi minuman sehat yang masih banyak diminati, sehingga Anda bisa mengkonsumsi susu setiap hari untuk mencegah terserang asam urat.

Selain kalsium yang tinggi, susu juga mengandung lemak, mineral, macam-macam vitamin (D dan B), protein, potasium, yodium yang berperan dalam mengganti omega 3. Selain untuk memperkuat tulang, susu memiliki kemampuan untuk mengontrol tekanan darah karena kalium, yodium meningkatkan fungsi tiroid, dan mencegah asam urat.

5. Menghindari Kegemukan atau Obesitas

Memiliki berat badan berlebihan tidak selalu menunjukkan bahwa seseorang berkecukupan dalam hal makanan. Berat badan yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas yang dapat meningkatkan resiko penyakit kronis lebih tinggi daripada orang yang memiliki berat badan ideal.

Orang yang mengalami obesitas memiliki pola makan yang berlebihan dan biasanya tidak memperhatikan efek samping makanan terhadap kesehatan tubuh. Pola makanan tak sehat inilah yang memicu asupan karbohidrat, protein dan lemak yang melebih kebutuhan normal tubuh.

Seseorang yang mengalami obesitas terserang resiko asam urat 4x lipat lebih tinggi. Faktor kegemukan inilah yang dapat memicu munculnya gejala asam urat pada usia dini.

Berat badan yang berlebihan akan menyebabkan penekanan pada bagian sendi kaki. Pada orang yang memiliki obesitas, lemak yang berlebihan juga dapat menyebabkan berkurangnya fungsi ginjal. Sehingga asam urat yang tidak tersaring optimal oleh ginjal akan dialirkan ke bagian tubuh lain dan menumpuk pada persendian.

Oleh karena itu, menjaga berat badan ideal menjadi salah satu cara mencegah asam urat tinggi.

6. Menghindari Konsumsi Obat-obatan Kimia yang Berpotensi Meningkatkan Asam Urat

Kandungan senyawa pada obat juga memiliki potensi untuk menyebabkan asam urat. Seseorang yang sedang dalam masa pengobatan, biasanya mengkonsumsi obat-obatan setiap hari untuk membantu proses penyembuhan. Akan tetapi, obat-obatan tertentu justru dapat memicu peningkatan kadar asam urat dalam tubuh.

Jenis-jenis obat-obatan yang sebaiknya dihindari atau dikurangi, atau bisa juga diganti dengan jenis obat yang lain yang “lebih aman” adalah jenis obat berikut ini:

Obat levodopa yang digunakan pada penderita parkinson
Penggunaan obat niacin yang digunakan untuk meningkatkan HDL dalam darah
Obat yang mengandung aspirin
Jenis obat diuretik, salah satunya Thiazide.
Jenis obat anti-penolakan seperti cyclosporine yang biasanya dikonsumsi setelah melakukan transplantasi organ pada beberapa kondisi rematologi.

7. Mengonsumsi Kopi dapat Mencegah Penumpukan Asam Urat

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki kadar asam urat yang lebih rendah daripada peminum teh. Mengkonsumsi kopi dapat membantu menjaga asam urat tubuh Anda dalam keadaan stabil, karena pada seorang peminum kopi berkafein yang mengkonsumsi 3-4 gelas setiap hari dapat menurunkan asam urat tubuh sekitar 5 mg/dL.

Oleh karena itu, kopi bisa menjadi alternatif untuk mencegah asam urat meningkat. Misalnya saja jika Anda ingin mengkonsumsi daging-dagingan yang terindikasi mengandung purin, maka Anda dapat mengimbangi dengan mengkonsumsi kopi untuk membantu menekan asam urat tersebut.

8. Memperbanyak Konsumsi Vitamin C

Makanan yang mengandung vitamin C tinggi umumnya digunakan untuk pengobatan asam urat. Pada obat-obatan yang dapat menurunkan asam urat biasanya memiliki kandungan vitamin ini.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa pada uji terhadap lebih dari 40 ribu pria selama 20 tahun yang tidak memiliki riwayat asam urat, ketika diberikan asupan vitamin C secara rutin ternyata mampu menurunkan resiko terserang asam urat.

Hal ini didukung juga dari penelitian dua orang pria yang satu mengkonsumsi placebo (tidak mengandung vitamin C) dan yang satu benar-benar mengkonsumsi vitamin C, ternyata hasilnya menunjukkan bahwa yang mengkonsumsi vitamin C mengalami penurunan kadar asam urat yang signifikan.

Vitamin C bekerja untuk membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dengan mempercepat proses eliminasi pada ginjal. Selain itu, vitamin C mengandung zat antioksidan yang membantu menurunkan peradangan.

Vitamin C dapat dijadikan asupan penting untuk mencegah meningkatnya asam urat dalam tubuh Anda. Dalam hal ini, Anda bisa rutin mengkonsumsi buah dan sayuran segar yang kaya vitamin C, seperti jeruk, mangga, pepaya, stroberi, paprika, dan brokoli adalah sumber vitamin C yang baik.

9. Menggunakan Minyak Zaitun untuk Memasak

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa asam urat dalam tubuh meningkat karena salah satu faktor penyebabnya adalah asupan makanan yang mengandung purin tinggi.

Menggunakan minyak zaitun untuk memasak dapat menjadi upaya pencegahan asam urat karena minyak zaitun dapat menetralkan asam urat dalam darah dengan menurunkan jumlah vitamin E yang berlebihan. Minyak zaitun mengandung zat klorin yang dapat mempercepat pengeluaran zat sisa bagi tubuh termasuk asam urat.

Sehingga, jika terjadi kelebihan zat sisa dalam tubuh, minyak zaitun ini berfungsi untuk menetralkan.

10. Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi juga bisa dijadikan alternatif untuk upaya pencegahan asam urat. Makanan berserat tinggi bermanfaat untuk menurunkan asam urat dan membuat zat asam urat dalam tubuh tetap stabil. Makanan berserat adalah jenis makanan yang tidak dapat diserap oleh tubuh namun memiliki manfaat yang tinggi, salah satunya dapat melancarkan pencernaan.

Serat berfungsi untuk membantu proses penyerapan asam urat ke aliran darah dan membuang kelebihan asam urat tersebut melalui urin. Rutin mengkonsumsi makanan berserat dapat menjaga kestabilan kadar asam urat dalam tubuh dengan menyerap asam urat yang terkandung dalam darah.

Jenis-jenis makanan berserat yaitu seperti barley, kacang-kacangan brokoli, mentimun dan lain sebagainya.

11. Mengganti konsumsi teh biasa dengan teh hijau

Tahukah Anda bahwa teh juga memiliki kandungan kafein? Sehingga ada baiknya tidak mengkonsumsi terlalu banyak. Namun, jika Anda memang penikmat teh, Anda bisa coba mengakali mengganti teh yang ada konsumsi dengan teh hijau.

Karena teh hijau dinilai mampu menurunkan kadar asam urat serta dapat menurunkan berat badan yang terlalu berlebihan.

Pantangan dan Anjuran untuk penderita Asam Urat

Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Alkohol, soft drink, es krim, melinjo dan emping, Kacang-kacangan, jamur, bayam matang, sawi, daging kambing (berlemak), jeroan dan gajih (lemak), bebek, kalkun, Salmon, mackerel, sarden, kepiting, udang, kerang, cumi.

Hindari mengkonsumsi jus buah kemasan.

Saat ini sudah banyak sekali jus kemasan yang dijual di supermarket. Memang sangat praktis dan mudah, karena Anda tinggal meminumnya dan tidak perlu repot-repot untuk mengolahnya.

Tapi tahukah Anda?

Ternyata jus kemasan juga bisa menjadi pemicu asam urat. Pada minuman kemasan ini biasanya akan terdapat kandungan pemanis buatan dan zat lain yang dapat mengakibatkan asam urat, akibatnya minuman tersebut tidak lagi alami dan bukan dari sari buah alami.

Lebih baik Anda mulai menghindari mengkonsumsi minuman seperti ini, dan lebih memilih jus untuk asam urat dengan olahan sendiri.

Hindari konsumsi air kelapa

Air dalam buah kelapa memiliki kandungan elektrolit dan juga kalium yang cukup tinggi. Kandungan ini bisa mengganggu pada orang yang mempunyai kelainan pada fungsi ginjal. Ketika meminum air kepala, ginjal akan kesulitan untuk melakukan sekresi pada zat tubuh.

Sehingga jika semakin parah akan memicu adanya peningkatan kadar purin dalam tubuh, karena purin tidak bisa di olah dengan baik.

Jangan Sering-sering Mandi Malam

Orang yang terbiasa mandi malam lebih mudah terserang nyeri sendi. Hal ini dikarenakan adanya penyempitan pembuluh darah akibat hawa dingin yang menyebabkan berkurangnya suplai oksigen ke daerah persendian. Dampak lain mandi malam bagi kesehatan yaitu penuaan dini, nyeri otot, radang sendi dan gangguan metabolisme tubuh.

Bagi orang-orang dengan kesibukan yang padat, mandi malam hari menjadi hal yang biasa. Padahal dari zaman dahulu mandi malam hari dipercaya dapat menimbulkan gangguan kesehatan salah satunya adalah rematik.

Asam urat merupakan cabang dari penyakit rematik yang sudah ketahap yang lebih serius. Mandi terlalu malam dapat menyebabkan gangguan metabolisme pada tubuh. Jika Anda tidak ingin terserang asam urat, lebih baik menghindari mandi malam untuk mencegah meningkatnya asam urat dalam tubuh.

Hindari konsumsi minuman bersoda

Anda penggemar soda? sebaiknya mulai sekarang kurang konsumsi soda secara berlebihan. Sebab terlalu banyak mengkonsumsi soda juga bisa menyebabkan resiko peningkatan asam urat dalam tubuh, serta akan merusak persendian dengan cepat.

Selain dapat menyebabkan asam urat soda juga dapat menimbulkan penyakit lain seperti berkurangnya fungsi ginjal dan adanya penyempitan pembuluh darah yang bisa menghambat saluran darah menuju jantung dan otak.

Rekomendasi Pengobatan Dan Testimoni Kesembuhan.

Pengobatan Asam Orat Dengan Herbal Alami HNI HPAI
Obat HERBAL UTAMA ASAM URAT HNI HPAI :
– Laurik 2x2kapsul (bila gejala sudah sembuh bisa dihentikan)

Atau terapi lengkap ditambah dengan HERBA SINERGI HPAI yang lain, yaitu:
– Andrographis Centella : 2×2
Dikonsumsi Selama 7 hari. Istirahat 7 hari dan bila diperlukan bisa dilanjutkan lagi. Mengapa dihentikan sementara? Sebab didalam ANDROGRAPHIS ada Herba PAHIT
– Pegagan HS : 2×2
– Kopi Sehat : 1 sachet : Direbus ditambah Mengkudu 1 kapsul dan Laurik 2 kapsul.
– StimFibre : 1 sachet sehari untuk COLON CLEANSING
– Procumin : 2×2 untuk BLOOD CLEANSING.
– Minyak Zaitun : 1 sdm sehari.

Testimoni Kesembuhan asam urat Setelah Melakukan Terapi Pengobatan Herbal dengan Obat Herbal Asam Urat Laurik HNI HPAI

testimoni sembuh sakit kaki setelah minum laurik HNI HPAI
Testimoni sembuh sakit kaki setelah minum laurik HNI HPAI

 

testimoni sembuh dari sakit persendian sejak kuliah setelah minum obat Herbal Laurik HNI HPAI
Testimoni sembuh dari sakit persendian sejak kuliah setelah minum obat Herbal Laurik HNI HPAI

Konsultasi, Diskon dan Cara Pemesanan Teh Herba Centella Sinergi HNI HPAI

Untuk Konsultasi lebih lanjut atau untuk Pemesanan Produk Dengan Diskon Mendapatkan harga Member/ agen silakan lakukan pendaftaran dengan menghubungi Admin menggunakan WA. 082216902775

Disclaimer Khasiat Produk dan Kesembuhan

Hakikat Kesembuhan dan kesehatan Adalah Hak Allah Sepenuhnya. Dan Apabila Aku sakit, Dialah yang menyembuhkanku ( QS. As Syu’araa : 80). Kita Sebagai Manusia Hanya diperintahkan Untuk Melakukan Ikhtiar dengan Melakukan Terapi Pengobatan herbal untuk mengobati asam urat secara alami Menggunakan Produk yang HALAL dan Thayyib seperti produk Obat Herbal Laurik HNI HPAI.

Hasil yang diperoleh setiap orang berbeda-beda sesuai dengan Keyakinan, ketekunan, respon tubuh terhadap Herbal yang dikomsumsi.
Adapun Produk Herbal HNI HPAI yang digunakan hanyalah salah satu Ikhtiar penyebab datangnya kesembuhan yang dengan Izin Allah Semoga bisa menjadi jalan penyembuh bagi Pasien.

HNI HPAI Network tidak menjamin kesembuhan bisa anda dapatkan seperti pada testimoni yang ada di artikel ini. HNI HPAI Network tidak bertanggung jawab atas segala efek karena rujukan Terapi pengobatan Herbal dan penggunaan artikel yang di sajikan.

Untuk memastikan kebenaran resep dan artikel ini silahkan konsultasikan kembali ke dokter atau terapist keluarga Anda.

Tertarik Menekuni Peluang Bisnis Agen dan Reseller Produk Herbal HNI HPAI?

HNI HPAI memberikan Peluang Bisnis Online Modal kecil kepada Setiap Muslim yang ingin memulai usahanya namun terkendala oleh modal yang terbatas. Anda sudah bisa memulai Peluang Bsnis Online Syariah ini dengan investasi awal cuma 10 ribu rupiah.

Raih kesempatan mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah dengan bergabung menjadi Agen dan Reseller Produk Luar biasa dari HNI di Manapun Anda Berada.

Keunggulan Peluang Bisnis Syariah Online HNI HPAI

Banyak keunggulan dari peluang bisnis syariah HNI HPAI yang tidak akan anda dapatkan melalui peluang bisnis yang lain seperti sistem bisnis yang sudah mendapatkan sertifikat halal, panduan yang lengkap, pembinaan, dan produk yang terus bertambah.

Produk Herbal HNI HPAI adalah Produk Obat Herbal yang telah terbukti Khasiatnya, teruji secara Klinis dan telah Mendapatkan Sertifikasi Halal dari MUI sehingga sangat Mudah Untuk dipasarkan. Menjadi Agen reseller Produk Herbal HNI HPAI seperti obat hebal untuk asam urat Laurik HNI HPAI adalah Peluang Usaha atau Peluang Bisnis Online Syariah dengan Modal Kecil dan Potensi keuntungan yang sangat Besar.

Banyak Agen yang telah meraih Penghasilan hingga ratusan Juta rupiah setiap bulan dari profesi mereka sebagai agen dan reseller Produk produk HNI HPAI yang terus bertambah setiap waktu.

Untuk Bergabung Menjadi Member dan Reseller Produk Dengan Investasi 10 Ribu Rupiah Bisa anda Bisa Mengunjungi Halaman http://www.hnipioneer.com/page/join/bbcgrup” In Shaa Allah Bisnisnys berkah dan Halal.

Testimoni Produk Selengkapnya Bisa dilihat di Halaman testimoni Ini

Sumber: pakarasamurat, helosehat, alodokter, wikipedia, webmd.