Islamic Goal Setting Guide – Cara menentukan Tujuan Sebagai Pengusaha Muslim HNI

69 / 100

Islamic Goal Setting adalah salah satu Topik yang sangat penting dan Mendasar dan harus Benar – benar lekat dan melengket pada diri setiap pengusaha Muslim yang ingin meriah Sukses, Baik karir pekerjaan maupun bisnisnya. Lanjutkan membaca untuk mengetahui Apa itu Islmaic Goal Setting!

Islamic Goal Setting – Cara Menentukan Tujuan Atau Goal Untuk Pengusaha Muslim

Islamic Goal Setting ini sengaja dibuat dengan tujuan untuk menonjolkan dan menunjukkan jati diri bahwa seorang muslim memiliki warna dan cara tersendiri dalam membuat blueprint atau roadmap untuk mencapai kesuksesan. Berbeda dengan SMART Goal SETTING yang dikembangkan oleh Para Pengusaha dan pakar di dunia barat.

Demikian pula, cara pandang mengenai kesuksesan bagi pengusaha muslim sangat berbeda dengan cara pandang pengusaha lain pada umumnya. Tentu semuanya berdasarkan “DALIL dn FATWA” alim ulama.

Dari mana Awalnya Islamic Goal Setting ini Muncul?

Istilah Islamic Goal Setting dimunculkan pertama kali oleh DR. Zakir naik, salah seorang Ulama Kondang tentang perbandingan agama dari India.

Istilah ini ia ambil dari pengalaman Kisah Inspirasi gurunya – Syaikh Ahmad Deedat seorang Laki – laki yang tidak lulus SD dan kemudian menjadi Da’i kaliber dunia yang menantang banyak Tokoh nasrani Kelas Dunia.

Di dunia ini ada 3 Kiblat atau kelompok Besar Ideologi Pengusaha yang saling berperang dan saling mempengaruhi satu sama yang lain. Saling bersaing untuk menjadi pihak dominan dan menguasai Hukum Bisnis yang ada di seluruh penjuru dunia.

Pengusaha yang berkiblat ke barat, mengusung Ideologi Sekuler-Kapitalis
Pengusaha yang berkiblat ke China, mengusung ideologi Komunis-Sosialis
Pengusaha Muslim, yang Mengusung Fiqih syariah Halal – Haram berdasarkan Tuntunan Bisnis rasulullah SAW

Jadi apa yang dimaksudkan dengan ISLAMIC Goal Setting?

Islam => Berjuang untuk Kebangkitan, Kejayaan dan Kebesaran Islam. baik Ekonomi maupun sistem Pemerintahan.
Spesifik = Khusus, Eksklusif => Mensyiarkan Produk HALAL dan Thayyib, berjuang Untuk Kejayaan Islam. target pasar Muslim.
Lucrative = menguntungkan => jannah – Surga, profit, saudara, smart, sehat
Apropriate = Ketepatan => tepat produk, tepat konsumen, tepat alat promosi, tepat cara promosi.
Measurable => Terukur dengan data, ada pola, ada target, ada indikator dan ada road map
Intention = Niat => Tujun sebagai Ibadah untuk meraih Ridha Allah, mengagungkan Allah, Menjalankan Syariat Allah di muka Bumi, memberi manafaat sebesar-besarnya
Consistent = Konsisten. Ulet. Tekun. Istiqamah => Masthata’tum, berani mulai dan berani menyelesaikan apa yang dimulai. ( Allah lebih mencintai perbuatan baik yang kecil tetapi terus menerus )

 

Islamic Goal Setting ini yang kemudian harus menjadi rujukan kita sebagaia Agen HNI dalam aktifitas harian kita untuk melakukan PCA mengembangkan Bisnis sebagai jalan Dakwah dan perjuangan.