Mengenal Halal Haram Dalam Thibun Nabawi – KHT 1 Bagian 1. 7

Mengenal Halal Haram Dalam Thibun Nabawi – KHT 1 Bagian 1. 7

Materi Halal Haram Dalam Thibun Nabawi / Kedokteran Islam ini khusus untuk Internal Agen HNI HPAI dan tidak untuk dipergunakan secara umum. Mohon untuk tidak membagikannya melalui media apapun termasuk sosial media dan website kecuali untuk Agen di Jaringan Anda!

Bab 1

Kedokteran Islam Bagian 7

Halal Haram Dalam Thibun Nabawi

Materi Thibun Nabawi Sebelumnya : Dasar – Dasar Thibun Nabawi

Halal Haram Dalam Thibun Nabawi

 

Bagi seorang muslim, halal haram merupakan sesuatu yang sangat penting. Bukan sekedar memperhatikan apakah produk yang akan dikonsumsi  terdapat label HALAL dari lembaga MUI, melainkan lebih dari itu. Sebab Halal Haram merupakan urusan seseorang dengan Allah SWT langsung, yang akan berdampak saat di dunia sampai di akhirat kelak.

A. Hewan dan makanan / minuman yang diHALALkan untuk dimakan / diminum berdasarkan Fiqih Syariah Islam:

  1. Semua makanan yang baik-baik dan memenuhi selera jiwa. Ref ‘. (QS. Al-A’raf [7]: 157), (QS. AI-Maidah [5]: 4)
  2. Semua binatang di Iaut adalah halal, tidak ada yang diharamkan darinya kecuall yang mengandung racun karena berbahaya. Ref: (QS. Al-Maidah [5]: 96), Hadits [22].Semua binatang laut adalah halal baik boinatang tersebut ditangkap, ataupun sudah bangkai, baik yang menangkapnya muslim, ahlul kitab, atau musyrikin, baik binatang tersebut serupa dengan binatang darat atau tidak ada yang serupa dengannya.Binatang Darat yang halal, berdasarkan nash al-Quran adalah Binatang ternak. (QS. An-Nahl [16]:5), (QS. Al-Maidah [5]:1), Hadits [8],[12].[23].[24].Termasuk diantara binatang ternak adalah Unta, Sapi, Kerbau, dan Kambing, mencakup Kambing kibas dan kambing kacang, diantaranya juga Sapi, Unta, dan Kijang, semua binatang ini halal berdasarkan ijma’ para ulama.Dalam Sunnah Rasulullaah saw juga terdapat keterangan tentang kebolehan memakan Ayam, Kuda, Kelinci, Keledai liar, Biawak, Hyena, Belalang, dan Burung Pipit.
  3. Semua makanan/mmuman atau segala sesuatu yang tidak ada pengharaman secara Syari’ah lslam, maka dia menjadi halal untuk dimakan atau digunakan. ref: (QS. Al-Baqarah [2]:29), (QS AI Baqarah [2]:168), (QS. Al-A’raf [7]:157), (QS. Al-Maidah [5]: 4), Hadits [19],[20],[21].

B. Hewan dan makanan / minuman yang diHARAMkan untuk dimakan / diminum berdasarkan Fiqh Syariah lslam

Makanan yang diharamkan dalam Islam ada 2 ienis;

  1.  Ada yang diharamkan karena zatnya, maksudnya hukum asal makanan tersebut adalah memang haram, seperti: khamr, daging babi, darah, bangkai, dll.
  2. Ada yang diharamkan karena sebabnya, maksudnya hukum asal makanan tersebut adalah halal namun menjadi haram karena sebab yang tidak berkaitan dengan asal makanan tersebut. seperti; makanan hasil mencuri, upah perzinahan, untuk sesajen perdukunan atau kemusyrikan,  makanan/hewan yang terlihat/terasa memnjijikkan atau kotor.

Secara Iengkap, makanan/minuman yang diharamkan untuk dimakan/diminum berdasarkan Syariah adalah:

  1.  Khamr (Makanan/minuman yang dapat memabukkan). Ref: (QS. AI-Baqoroh: 219)
  2. Bangkai (kecuali bangkai hewan Iaut dan belalang). Ref: (QS. An-Nahl [16]:115),(QS.Al An’am[6]:145),(QS.AI-Maidah [5]: 3), (QS. AI-Baqarah [2]: 173)
  3. Darah. Ref: (QS. An-Nahl [16]: 115), (QS. Al-An’am [6]: 145), (QS. Al-Maidah [5]: 3), (QS. Al-Baqarah [2]:173).
  4. Daging Babi. Ref: (QS. An-Nahl[16]:115),(QS.AI-An’am [6]:14S).(QS. Al-Maidah [5]: 3). (QS. Al-Baqarah [2]: 173).
  5. Hewan yang disembelih tanpa menyebut nama Allah swt. Ref: (QS. An-Nahl 16]: 15), (QS. AI-An’am [6]: 145). (QS. Al-Maidah [5]: 3). (QS. Al–Baqarah [2]: 173).
  6. Bercampur dengan Najis. Ref: (QS. An-NahI: 115), (QS. Al-An’am [6]: 145), (QS. Al-A’raf [7]: 157)
  7. Bercampur/menggunakan zat berbahaya, seperti racun dan sejenisnya (yang termasuk dalam kategori ini adalah rokok dan narkoba, karena berbahaya dan merusak kesehatan diri dan orang lain). Ref: (QS. An-Nisa [4]: 29). (QS. Al-Baqarah [2]: 195), (QS. Al-A’raf [7]: 157), Hadits [5],[6].
  8. Binatang buas, seluruh binatang buas termasuk Gajah. Ref: Hadits [4], [13], [14]
  9. Binatang bertaring, atau memiliki kuku mencengkeram termasuk di dalamnya adalah haram memakan anjing, dan kucing (baik jinak maupun liar). Ref: Hadits [4], [10], [13], [14]
  10.  Katak/Kodok. Rer. Hadits [7]
  11.  Makanan/Minuman yang terlihat/terasa menjijikkan, haram bagi yang merasa jijik untuk memakan/meminumnya. Ref: (QS. Al-A’raf [7]: 157), Hadits [8]
  12. Potongan Daging dari Hewan yang masih hidup. Ref: Hadits [9]
  13. Keledai kampung (jinak) dan Bighal. Ref: (QS.Al-A’raf [7]: 157), Hadits [11], [12]
  14. Binatang yang dibolehkan oleh Rasulullah saw agar dibunuh dan dilarang oleh Rasulullah saw untuk dibunuh. Ref: Hadits [17], [18].
  15. Makanan atau minuman, atau segala yang buruk dan kotor. Ref; (QS. Al-A’raf [7] 157).

Berdasarkan jumhur Ulama, pendapat Imam Syafi’i, Imam Hambali, dan sesuai penjelasan dalam Kitab ad-Dardri al-Mudhiyyah yang dikutip oleh Syaikh Sayyid Sabiq dalam Kitab Fiqh Sunnah Jilid V, Bab Makanan (Ath’imah), dijelaskan bahwa yang dimaksud dalam ayat; “…Dan dihalalkan bagi mereka segala yang baik-baik, dan diharamkan bagi mereka atas segala sesuatu yang kotor(buruk)…” (QS. AI A’raf [7]: 157), adalah bahwa binatang apa saja yang dianggap buruk oleh umat manusia pada umunya, tidak karena berpenyakitan, dan tidak pula karena mereka terbiasa memakannya, tetapi sekedar menganggapnya buruk, maka ia haram atasnya.

ApabiIa sebagian mereka menganggapnya buruk, dan sebagian Iain menganggapnya tidak, maka yang diambil adalah anggapan mayoritas (selama tidak ada dalil shahih yang menghalalkan atau mengharamkan secara khusus dan jelas atas sesuatu tersebut), dan Monyet / Kera termasuk kategori binatang yang buruk, dan haram memakannya.

Dan Juga masuk dalam kategori ayat ini; “…Dan dihalalkan bagi mereka segala yang baik-baik, dan diharamkan bagi mereka atas segala sesuatu yang kotor (buruk)…” adalah segala sesuatu yang menjijikkan, seperti ludah, ingus, keringat, sperma, tinja, kutu, dan sejenisnya.
16. Binatang Jalalah, yaitu Binatang yang diharamkan atas dasar sebab memakan kotoran, sampai baunya meniadi tidak sedap. dan kotor. Ref: (QS. Al-A’raf [7]: 157), Hadits [15],[16].

Berdasarkan Kitab Fiqh Sunnah Jilid V. Bab Makanan (Ath’imah) Syaikh Sayyid Sabiq, yang dimaksud dengan Binatang Jalalah antara Iain adalah unta, sapi, kambing, ayam, angsa, dan yang lainnya yang memakan kotoran sampai baunya menjadi tidak sedap.

Jika binatang tersebut dikurung/diternakkan sehingga jauh dari kotoran selama waktutertentu dan diberikan pakan ternak yang bersih sampai dagingnya kembali baik, maka nama binatang Jalalah tidak lagi disematkan kepada binatang tersebut, dan karenanya binatang tersebut menjadi halal karena alasan atas pelarangannya sudah hilang, yaitu baunya yang tidak sedap.

C. Memakan yang di-HARAMKAN karena Terpaksa (Darurat)

Bagi orang yang dalam keadaan terpaksa (darurat)  karena kekhawatiran kehilangan jiwa (kematian), dan tidak dltemukan sumber makanan/minuman/zat yang halal untuk menjaga keselamatan diri/jiwanya agar terhindar dari kematian, maka diperbolehkan memakan / menggunakan segala sesuatu yang diharamkan, demi keberlangsungan hidupnya.

Seseorang dikatakan dalam keadaan terpaksa (darurat) apabila dia telah sampai pada batas / tingkat sangat kelaparan atau kondisi yang sangat mengancam keselamatan dirinya, yang dapat mengakibatkan kematian atau dapat menimbulkan penyakit, dan hanya boleh mengambil / memakan zat yang haram tersebut sejumlah sekedarnya saja untuk menjaga kelangsungan hidupnya.

Dan dia boleh juga mengambil zat yang haram tersebut sebagai bekal sekedar untuk memenuhi kebutuhannya selama dia membutuhkan dalam keadaan darurat tersebut. Namun dia harus berusaha semaksimal mungkin untuk mencari dan mendapatkan zat/makanan yang halal, dan sesegera mungkin keluar dari kondisi keterpaksaan (Darurat).

Ref: (QS. An-Nisa [4]: 29), (QS. An-Nahl [16]: 115), (QS. AI-An’am [6] : 145),  (QS. AI-Baqarah [2]: 173), Hadits [6].

D. Berobat dengan Khamr (alkohol)

Pada masa jahiliah, sebelum Islam datang, orang-orang Arab mengkonsumsi khamr/alkohol untuk pengobatan. Kemudlan Islam melarang mereka untuk berobat dengan khamr/alkohol dan mengharamkannya. Ref: Hadits [1],[2],[25].

Dalam aplikasi di masa kini. yaitu penggunaan Alkohol dalam pengobatan mayoritas Ulama mengharamkannya jika dikonsumsi secara oral atau intra vena (masuk kedalam pembuluh darah), namun dibolehkan untuk penggunaan diluar badan. seperti sebagai pembersihan luka dan kuman (antiseptic). Penggunaan Alkohol untuk pengobatan (secara oral atau intra vena) atas dasar keterpaksaan (darurat) dibolehkan oleh para Ulama, jika tidak ditemukan obat halal yang menggantikannya.

Semua tulisan ini diresume sesuai dengan kebutuhan untuk proses belajar mengajar dalam kelas Kuliah Herba Thibbunnabawi (KHT) sebagai pengetahuan dasar, dan diambil berdasarkan referensi dari:

  1.  Al-Quran al-Karim
  2. Hadits-hadits Shahih
  3. Kitab Fiqh Sunnah Jilid V, Bab Makanan (Ath’imah), Syaikh Sayyid Sabiq.

Untuk Melanjutkan Ke materi Selanjutnya Klik Aplikasi Thibnun Nabawi HNI HPAI

===@===@***@===@@@===***@***===@@@===@***@===@===

Tentang Pengetahuan Halal Haram Dalam Thibun Nabawi

Pengetahuan kedokteran Thibun Nabawi Seperti Pengetahuan Halal Haram dalam Thibun Nabawi adalah Salah satu Life Skill yang diberikan kepada Agen HNI HPAI agar bisa memberi manfaat yang lebih kepada Masayarakat sekitar dan Lingkungan.

Jika Anda tertarik Untuk mendalami Pengetahuan Kedokteran Herba Thibun Nabawi Silahkan Mendaftar Menjadi Agen/Member HNI HPAI. Dengan Biaya Registrasi 10 Ribu Rupiah yang keanggotaanya  berlaku seumur hidup dan bisa Anda Pergunakan di Seluruh Halal Mart dan merchant HNI HPAI

Apa itu HNI HPAI?

HNI HPAI adalah peluang Bisnis Terbaik yang Bisa Anda Jalankan dari rumah karena telah mendapatkan sertifikat Syariah dari MUI baik Sistem maupun Produknya.

Hni HPAI adalah peluang Bisnis Modal kecil Untung Besar yang berbentuk Network Marketing atau Penjualan langsung. Peluang Bisnis HNI HPAI sangat Cocok Untuk Ibu Rumah Tangga, Mahasiswa, Pelajar, Karyawan maupun yang Belum memiliki Pekerjaan karena Bisa dimulai dengan modal yang sangat Minim yaitu 10 ribu rupiah dan bisa  dijalankan Secara Online menggunakan HP

APA itu HNI HPAI Network?

HNI HPAI Network adalah Rumah Bagi Komunitas Pebisnis Online Muslim yang Memiliki Kepedulian Untuk Melakukan Syiar dan Kampanye Produk Halal HNI HPAI Ke Seluruh Pelosok Negeri.

Moto kami - Di Mana Adzan Berkumandang, Di Sana HNI HPAI Network Hadir.

HNI HPAI Network Memiliki Misi Menciptakan 1 JUTA Pengusaha Muslim Secara Global Yang Peduli Terhadap Perbaikan dan Persatuan Ekonomi Umat Islam.

HNI HPAI Network adalah Website Support Sistem Agen HNI HPAI yang ditujukan untuk Agen di bawah jaringan Muhammad Rasyidi

Untuk Mendukung Misi tersebut, Kami Telah Menyediakan Panduan Bisnis Lengkap, Training Digital Marketing Gratis sebagai Keahlian untuk memperkenalkan HNI HPAI secara Up to date melalui Internet

Silahkan Klik di Sini Untuk Mendaftar Menjadi Agen HNI HPAI Peluang Bisnis Online Terbaik Untuk Muslim Seperti Anda!

Apa yang Dapatkan Dengan Investasi 10 Ribu?

HNI HPAI adalah peluang bisnis yang sangat cocok untuk anda yang tidak memiliki modal besar namun Memiliki Tekad, Impian dan Motivasi yang Besar dan Kuat untuk memulai dan berhasil dalam bisnis. Cukup dengan Investasi 10 ribu rupiah anda sudah bisa mengakses seluruh Produk - produk Premium HNI HPAI beserta Panduannya untuk memulai bisnis online anda sendiri baik dari rumah di sela-sela aktiftias rutin sehari-hari.

1. Kartu keanggotaan resmi dari perusahaan berbentukvirtual yang juga berfungsi sebagai kartu diskon dengan 7 manfaat. ( Baca 7 manfaat kartu diskon HNI HPAI untuk Member)

2. Akses ke seluruh Produk Premium HNI HPAI di Seluruh Indonesia yang bisa andakensumsi dan jual kembali.

3. Panduan Strategi bisnis dan sukses plan dalam mengembangkan bisnis yang telah terbukti selama lebih dari 7 tahun. ( Bisa memberikan agen penghasilan hingga 600 juta setiap bulan )

Panduan Teknik Marketing baik online seperti FB, WA, Bloging, Toko Online, Sosial Media, IG yang terus diupdate sesuai perkembangan. ( Hanya Bisa Anda Dapatakan melalui HNI HPAI Network )

4. Pembinaan, konsultasi bisnis, pengetahuan produk dan resep Penyakit menggunakan Prinsip Pengetahuan Kesehatan Thibunnabayiayh baik secara online melalui grup wa maupun secara Offline melalui diskusi, home sharing, training Kuliah Herba Thibun nabawi, Bisnis skill baik oleh sesama agen maupun training langsung dari perusahaan.

5. Berbagai Panduan lain yang bisa didapatkan di member area tanpa perlu biaya tambahan.

Kenapa Harus Bergabung Menjadi Agen HNI HPAI Sekarang?

HNI HPAI adalah Model Bisnis Online Terbaik dibanding dengan Model bisnis online lainnya. Berikut ini 18 Keunggulan yang menjadi alasan anda harus segera bergabung menjadi Agen Reseller produk HNI HPAI yang tidak akan anda dapatkan melalui peluang bisnis lain.

1. Biaya Pendaftaran hanya 10 ribu, sekali seumur hidup. Tidak ada Peluang bisnis yang memiliki Panduan Lengkap dengan Invetasi Semurah HNI HPAI.

2. Sertifikasi MUI dan OJK Mengenai Kehalalan dan Legalitas Sistem Bisnisnya. Banyak peluang bisnis online yang bisa anda ambil, tetapi sayang tidak menjamin apakah sistem bisnis yang diaplikasikan sudah sesuai dengan syariah atau belum. Belum lagi legalitas bisnisnya sesuai hukum negara.

3. Sertifikasi Halal LPOM MUI untuk Produk-Produk yang dijual. Banyak produk yang beredar dengan harga mahal namun kualitas kelas tiga. Bahkan lebih buruk, barang yang dijual adalah barang dari china yang kita tidak tahu bahan-bahannya dari mana.

HNI HPAI, menjamin kehalalan Produk yang akan anda konsumsi.

4. Sebagai Jalan Dakwah menyebarkan Produk Halal. Banyak bisnis dan usaha hanya untuk mencari untung, asal bisa profit. bersama HNI HPAI, anda bisa berbisnis sambil berdakwah. Menyebarkan produk Halal yang penuh manfaat dan mengajak saudara menghindari Produk yang tidak jelas.

5. Kualitas Produk Premium dengan harga Murah sehingga Produk memiliki repeat order tinggi. Banyak produk kualitas premium yang bisa anda jumpai, namun harganya juga selangit. Hal ini bisa membuat repeat order menurun. Produk HNI HPAI bisa dibandingkan dengan kualitas produk lain yang sama dari segi harga. Inilah yang membuat konsumen jatuh cinta dan semakin setia dengan produk HNI HPAI.

6. Sukses Plan dan strategi Bisnis Sudah Siap. Anda tinggal ikuti sesuai dengan arahan mentor dan kesuksesan tinggal menunggu waktu.

7. Panduan Pengembangan diri dan Motivasi Menjadi Leader. Setiap orang sukses adalah leader yang mandiri. Oleh karena itu, bersama HNI HPAI akan membantu anda mencapai motivasi tertinggi untuk menjadi leader di bisnis anda dan dilingkungan anda.

8. Tools dan Panduan Marketing Online dan Offline yang terus diupdate. Semua tools sudah siap di member area, tinggal anda gunakan sebagai daya ungkit untuk percepatan bisnis anda.

9. Mentoring dan Pembinaan, Online dan Offline. Masih bingung? Tentu saja HNI HPAI sudah mengantisipasinya. Mentoring dan pembinaan setiap saat di setiap kota bisa jadi solusi untuk anda.

10. Bisa dijalankan cukup dari rumah dengan waktu yang disesuaikan. Banyak yang berhasil hanya dengan kerja sambilan. 2 jam perhari sudah lebih dari cukup untuk sukses di bisnis ini.

11. Potensi Bonus Hingga Ratusan Juta perbulan. Bonus dan penghasilan ratusan juta rupiah di HNI HPAI bukan lagi sebuah mimpi. Sudah ribuan Mitra dan agen HNI HPAI yang sudah meraihnya. So, jangan sampai ketinggalan.

12. Bisnis bisa diwariskan sehingga keturunan kita tidak perlu memulai lagi dari awal.

13. Bekerja membangun aset. Aset adalah faktor paling penting dalam bisnis. Dan anda akan belajar secara bertahap membangun aset online seperti Video tutorial, Blog, Website, Network dan List prospek yang akan terus mendatangkan penjualan meski anda tidur ( Passive Income).

14. Target Pasar yang besar dan jelas. Umat Islam adalah target yang besar, dan juga jumlahnya semakin meningkat setiap tahun di seluruh dunia.

15. Strategi memiliki ribuan cabang tanpa modal. Strategi yang tidak akan anda jumpai di bisnis lain. Punya ribuan Cabang tapi tidak perlu keluar modal tambahan kecuali komunikasi.

16. Bisa dropship tanpa perlu sewa gedung dan toko. Sewa toko dan ruko mahal? Bukan jamannya lagi. Anda tidak perlu stok barang, kalaupun mau cukup dari rumah. Simple kan?

17. Berbagai kegiatan spiritual dan sosial baik nasional maupun internasional. Beramal bersama HNI HPAI dalam berbagai bentuk kegiatan spiritual seperti umrah, wisata religi. Juga berbagai kegiatan sosial seperti membantu Palestina, korban banjir dan tentu saja korban bencana seperti Gempa di Lombok serta Gerakan 1000 Pesantren Seluruh Indonesia.

18. Sistem manajemen dan perkembangan Bisnis secara real time melalui Back Office di AVO. AVO adalah sebuah Kantor Virtual yang akan berfungsi menjadi asisten pribadi, membantu anda mencatat setiap aktifitas dan perkembangan bisnis yang anda raih.

 

Itulah 18 Keunggulan dan Kelebihan Peluang Bisnis yang ditawarkan HNI HPAI Kepada para agen dan resellernya di seluruh Indonesia yang bisa kami sampaikan meskipun sebenarnya masih ada beberapa kelebihan lainnya.

Dengan Kata alain, Peluang Bisnis HNI HPAI adalah Peluang Bisnis yang berbasis pada Penggunaan Produk - produk alami yang teruji secara Klinis di laboratorium dan Selalu dibingkai dengan Nilai - nilai Luhur Spiritual Ilahiyah.

(Catatan: Beberapa fasilitas Tidak bisa anda peroleh jika mendaftar melalui Agen Lain, karena itu adalah Bonus dari Kami sebagai Sponsor atau Mentor yang ingin anda sukses)

Silahkan Daftra Jadi Member HNI HPAI di Sini

 

Tips Seo : beberapa pengunjung mendapatkan halaman ini melalui google dengan kata kunci seperti hni hpai, cara mendaftar menjadi agen hni hpai, cara menjadi member hni hpai, kedokteran Islam, thibun nabawi, peluang bisnis online modal kecil, peluang bisnis online modal kecil untung besar, peluang bisnis online terbaik 2020, peluang bisnis syariah, peluang bisnis muslim, peluang bisnis dari rumah, peluang usaha rumahan, peluang usaha untuk pelajar,peluang bisnis untuk mahasiswa, peluang usaha modal di bawah 1 juta, peluang usaha untuk ibu rumah tangga,peluang usaha untuk karyawan, peluang usaha dari rumah, resep herbal hni hpai, resep hni hpai