Bingkai dan Kerangka Berpikir Agen HNI SUKSES Dalam Berbisnis

Bingkai dan kerangka Berpikir Agen HNI SUKSES dalam menjalankan bisnis adalah Panduan dan Arahan Baku Namun Fleksibel bagi setiap agen HNI Untuk Menghindari Penyimpangan dalam Aksi di lapangan  dan Menjaga agar tetap berada di track yang benar untuk meraih Sukses Lebih Cepat

Kesuksesan yang diraih oleh setiap Agen HNI yang sering disebut dengan Leader LED tentu bukan suatu hal yang terjadi begitu saja. Keberhasilan meraih pangkat tinggi dan Bonus besar tidak terjadi seperti membalikkan telapak tangan atau sekedar promosi mengajak orang lain satu dua kali lalu kemudian berada di jajaran leader sukses.

Tetapi Keberhasilan dan kesuksesan di bisnis HNI adalah Kesuksesan dan keberhasilan yang diraih berdasarkan kerja-kerja yang dikonsep dan direncanakan dengan matang melalui kerangka berpikir yang jelas dan kemudian dijalankan dengan Tekun dan istiqamah tanpa kenal lelah setiap harinya.

 

5 Bingkai dan Kerangka Berpikir Agen HNI SUKSES Dalam Menjalankan Bisnis

Ada 5 hal yang yang memiliki pengaruh sangat besar terhadap kesuksesan seorang agen dalam menjalankan bisnisnya bersama HNI HPAI.

1. Kerangka berpikir Pertama – Niat dan Tekad

Niat adalah hal yang Sangat penting dipahami dan dimiliki oleh setiap agen HNI sebagaimana Wasiat Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bahwa segala amal itu tergantung niatnya dans etiap orang hanya mendapatkan apa yang diniatkannya.

Niat dan tekad ini terkandung di dalam konsep dan ide besar yang ditawarkan oleh HNI. Niatnya adalah Bagaimana menjadi seorang pengusaha muslim yang sukses dengan berbagi manfaat seluas Рluasnya dan sebanyak-banyaknya  kemudian menjadi generasi Rabbani. Sebuah generasi yang Saleh dan Muslih ( Mengajak orang lain shaleh terutama keluarga dekat ).

Niatnya adalah Menjadikan Bisnis sebagai Aktifitas Dakwah, mengajak Untuk Kembali kepada fitrah sebagai ummat terbaik yang mengkonsumsi Produk Halal, Menguasai Jalur distribusi produk Halal, memberdayakan dan Melepaskan Ummat Islam dari cengkeraman pengusaan umat dan bangsa lain.

Niatnya adalah Menjadi Bisnis sebagai kendaraan untuk meraih Ridha Allah agar mendapatkan Kebahagiaan di dunia terutama kebahagiaan di akhirat yaitu surga bersama Para Nabi yang mulia dan orang – orang shaleh.

Setiap niat yang dimiliki Agen HNI HPAI kemudian dirangkum dalam 5 Kelompok Besar yang biasa disebut dengan Peluang SUkses 5S yaitu Selamat, Sehat, Smart, Sejahtera dan Saudara. ( Penjelasan mengenai 5S bisa dibaca di Halaman Peluang Sukses 5S )

Sedangkan TEKAD yang ada adalah alasan yang ditumbuhkan di dalam hati berupa sebuah impian yang besar dan ingin dicapai yang disandingkan dengan kesan akan adanya ancaman yang bisa terjadi ketika apa yang diusahakan itu itu gagal atau tidak tercapai.

Dalam istilah lainnya TEKAD sukses ini disebut sebagai Big WHY, Alasan terbesar yang yang harus dimiliki untuk bisa segera sukses.

Maka denganTEKAD ini seorang pebisnis HNI akan mengeluarkan ikhtiar dan usaha terbaik yang maksimal baik dalam doanya, praktek dan action-nya maupun Rasa Tawakal penyerahan diri terhadap setiap hasil yang diperolehnya kepad Allah Subhana Wat’ala.

2. Kerangka berpikir kedua – Sikap dan Karakter

Para mentor dan motivator sepakat bahwa sikap dan karakter adalah hal yang memiliki peranan yang sangat besar bahkan jauh lebih besar daripada ada ilmu dan skill sekalipun.

Sikap atau karakter ini ini dianggap memiliki peran atau pengaruh 80 hingga 85 persen terhadap kesuksesan seseorang baik dalam berkarir berbisnis pendidikan maupun bidang-bidang lainnya. Jauh lebih penting dan diutamakan dibanding dengan pengetahuan atupun skill/ keterampilan.

Nah sikap yang dipersiapkan atau diharapkan dari seorang agen HNI itu meliputi 3 hal,

  • Pertama, bagaimana membentuk sebuah kARAKTER MAMPU
  • Kedua Bagaimana membentuk sebuah TIM WORK atau tim kerja yang SOLID dengan memiliki visi misi mindset dan skill yang sama.
  • Ketiga adalah bagaimana MENUMBUHKAN NILAI-NILAI PERJUANGAN di dalam diri atau dada setiap anggota tim.

3. Kerangka Berpikir yang ketiga – Konsep dan Strategi

Konsep dan Strategi Bisnis HNI meliputi lima Topik besar Kenapa seseorang itu bergabung di HNI, yaitu support System yang komprehensif atau holistik dan tentu saja strategi-strategi yang sudah disiapkan untuk mempercepat kesuksesan seorang agen di HNI.

4. Kerangka berpikir keempat  РRencana Kerja dan Action

Rencana Kerja ini meliputi Bagaimana cara membuat daftar nama dan bagaimana melakukan rencana kerja harian untuk mewujudkan atau untuk mencapai target yang telah ditentukan di awal.

5. Kerangka berpikir kelima – Nilai-Nilai Spiritual Keislaman yang Kuat

Nilai Spiritual dala Bisnis HNI disebut dengan formula iis atau IKHLAS dalam niat, ISTIQAMAH dalam amal dan SABAR dalam ikhtiar.

Nilai-nilai ini juga meliputi bagaimana menjadikan Allah sebagai sebaik-baik penolong, Taqwa sebagai bekal atau strategi terhebat dan orang-orang shalih sebagai sebaik-baik tim solid. Nilai-nilai diambil dari alil surat al-a’raf 26 kemudian surat al-baqarah 192 surah attalaq ayat 2 dan 3 surat Ibrahim ayat 7 surat hud ayat 1 dan 3.

Juga ada di dalam surah Luqman tentang bagaimana perumpamaan seorang teman yang diibaratkan sebagai Sebatang Pohon yang jika kita duduk di bawahnya maka dia yang yang dapat menaungi kita-kita dapat mengambil buahnya dan bermanfaat untuk kita serta tidak membahayakan siapapun.

Nabi juga memberikan kaidah bagaimana memilih teman bahwa seseorang itu tergantung agama temannya maka hendaklah salah seorang dari kalian melihat siapa temannya.

Ini adalah tuntunan nabi Shallallahu Alaihi Wasallam dalam memilih teman

Imam Syafi’i juga memberikan sebuah panutan dalam memilih teman bahwa

” jika engkau mempunyai seorang teman yang selalu membantumu dalam rangka ketaatan maka peganglah dia erat-erat jangan lepaskan karena sesungguhnya mencari teman yang baik itu sangat susah dan melepaskannya sangat mudah “

Ulama yang lain mengatakan bahwa seorang sahabat adalah orang yang tidak ingin engkau menderita dan akan tetap memberimu semangat Ketika engkau sedang terpuruk serta tidak ikut mencaci ketika orang lain mencacimu.

Bahkan Imam al-ghazali memberikan 12 Kriteria seorang sahabat terbaik

1. Jika engkau berbuat baik kepadanya maka ia juga akan melindungimu
2. Jika engkau merapatkan ikatan persahabatan dengannya maka ia akan membalas balik persahabatanmu
3. Jika engkau membutuhkan atau memerlukan pertolongan darinya maka ia akan berupaya membantumu sesuai dengan kemampuannya
4. Jika engkau menawarkan perbuatan baik kepadanya maka ia akan menyambutnya dengan baik
5. Jika ia memperoleh suatu kebaikan atau bantuan darimu maka ia akan menghargai kebaikan itu
6. Jika ia melihat sesuatu yang tidak baik dari dirimu maka ia akan berusaha untuk menutupinya
7. Jika engkau meminta sesuatu bantuan darinya maka ia akan mengusahakannya dengan sungguh-sungguh
8. Jika engkau berdiam diri karena malu untuk meminta maka ia akan menanyakan kesulitan yang sedang engkau hadapi
9. Jika bencana datang menimpa dirimu maka ia akan berbuat baik sesuatu Untuk meringankan kesusahan mu
10. Jika engkau berkata benar kepadanya maka ia akan membenarkanmu
11. Jika engkau merencanakan suatu kebaikan maka dengan senang hati ia akan membantu rencana itu
12. Jika engkau berdua sedang berbeda pendapat atau berselisih paham niscaya ia akan lebih senang mengalah untuk menjaga hubungan baik denganmu

Nilai-nilai lain yang menjadi konsep atau kerangka berpikir dalam mengembangkan bisnis ini adalah landasan fiqih dan syariah dalam bermuamalah.

Bagaimana menjaga agar setiap aktivitas bisnis maupun aktivitas produksi dan distribusi yang berkaitan dengan bisnis HNI selalu berada dalam bingkai syariah dan fiqih yang telah disepakati oleh para ulama dan Fatwa yang dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional MUI.

Demikian pembahasan singkat mengenai 5 Bingkai dan Kerangka Berpikir Agen HNI SUKSES dalam menekuni bisnisnya. Semoga anda sebagai seorang agen HNI mampu mengaplikasikan ke 5 bingkai yang telah disiapkan oleh perusahaan.